Tips Mengatasi Rambut Lepek Bagi Hijabers

Salah satu masalah yang paling sering terjadi bagi pemakai hijab adalah rambut lepek. Hal itu disebabkan oleh tekanan hijab selama berjam-jam dan tidak adanya kurangnya oksigen yang masuk dalam rambut. Tentu hal itu membuat kulit kepala berkeringat lalu membuat rambut lepek dan bau, meski Anda sudah menggunakan shampo hijab khusus.

Jadi, menggunakan shampo khusus hijab saja belum tentu cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab, masih membutuhkan upaya lain, diantaranya adalah:

  1. Lengkapi perawatan keramas Anda dengan kondisioner

Selain menggunakan shampo hijab khusus, sebaiknya juga tambahkan kondisioner saat keramas. Hal itu untuk mengurangi resiko rambut berminyak saat Anda mengenakan hijab setiap harinya. Selain itu juga biasakan keramas dengan teratur setidaknya tiga kali dalam satu minggu.

  1. Gunakan masker rambut

Tidak ada salahnya Anda menggunakan rambut untuk menghindari kulit kepala yang berminyak secara berlebihan. Salah satu produk yang bisa menjadi opsi adalah Masker Scalppure Complete Solution yang cocok untuk berbagai jenis kulit kepala serta rambut atau Masker Scalppure Cooling Mint untuk mengatasi rambut berminyak, lepek, dan membersihkan kulit kepala.

  1. Pastikan rambut selalu kering sebelum Anda mengenakan hijab

Hindari mengenakan hijab dalam kondisi rambut agak basah, sebab hal itu bisa memperburuk rambut lepek dan bahkan berbau. Jadi, keringkan terlebih dahulu sebelum memakai hijab, lalu rapikan dengan cara menyisirnya baru kemudian bisa Anda tutup dengan hijab.

  1. Pilih jenis hijab yang mudah menyerap keringat

Sebaiknya gunakan hijab yang berbahan lembut dan mudah menyerap keringat, sehingga nyaman serta aman untuk kesehatan rambut. Setidaknya hal itu bisa mengurangi tingkat kelembaban dalam kulit kepala saat tertutup dan memberikan sedikit udara bagi rambut. Jika tingkat kelembapan tidak berlebihan, rambut bisa lebih bebas dan tidak mudah berkeringat.

  1. Tidak mengikat rambut dengan kencang

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang tentu akan mengikatnya bahkan melipat-lipat saat akan mengenakan hijab. Hal itu sah-sah saja untuk membuat Anda nyaman, namun sebaiknya jangan mengikatnya terlalu kencang agar semua bagian rambut tetap memperoleh sedikit udara dan tidak mudah lepek.

Tags: